Selasa, 03 Mei 2016

7 Fakta Unik Tentang Tidur



Dalam buku ariana huffington, dia adalah pendiri huffington post.
Membahas tentang hampir semua hal terkait masalah tidur,
Inilah beberapa hal yang berkaitan dengan tidur .

    



Gangguan tidur memiliki konsekuensi nyata terhadap anak-anak
      Peneliti oleh Albert Einstein College of Medicine dan University of Michigan tahun 2012 menyebutkan gangguan tidur pada anak berimbas pada perilaku saat mereka dewasa. Para peneliti mengamati lebih dari sebelas ribu anak-anak Inggris dari mulai bayi sampai berusia tujuh tahun.

Mereka menemukan bahwa mereka yang mendengkur, mengalami gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea), atau bernafas dengan mulut selama tidur hingga usia empat tahun. Sebanyak 20 hingga 60 persen di antaranya lebih mungkin untuk mengembangkan masalah perilaku ketika dewasa. Hiperaktif adalah gejala yang paling umum. 


             Kurang tidur sama dengan efek alkohol bagi remaja

Kurang tidur sama pengaruhnya dengan alkohol bagi remaja terkait nilai mata pelajaran di sekolah. Penelitian yang dilakukan oleh Idaho State University pada tahun 2015 membandingkan remaja yang memiliki masalah tidur dan remaja yang gemar mabuk-mabukan dengan mereka yang tidur secara normal.

Sebanyak 47 persen remaja yang kurang tidur lebih mungkin mengalami masalah dengan alkohol. Bahkan lima tahun kemudian, tak hanya nilai akademis yang melorot namun juga umumnya mereka sudah menjadi pecandu alkohol.

      Pada wanita hamil, tidur berpengaruh pada proses persalinan
             Para peneliti di University of California, San Francisco, menemukan wanita yang tidur kurang dari enam jam pada malam hari pada bulan ke sembilan kehamilannya akan mengalami persalinan lebih lama dan 4,5 kali lebih mungkin untuk menjalani persalinan melalui operasi



           Menguap dilakukan sejak dalam kandungan





   Menurut Robert Provine, seorang ahli syaraf  di University of Maryland, Baltimore, manusia mulai menguap sejak dalam kandungan. Menguap tidak selamanya pertanda kita mengantuk, tetapi juga tanda bagi tubuh dan otak kita untuk bangun dan waspada. "Kita menguap ketika kita bosan, tapi kita juga menguap ketika kita mengantisipasi sesuatu yang terjadi," katanya.
   Tidur siang membuat orang lebih kreatif

      Sebuah studi dari Georgetown University Medical Center menunjukkan bahwa selama tidur siang sisi kanan otak, sisi yang terkait dengan kreativitas, sangat aktif, sementara sebelah kiri menjadi tenang. Bahkan, violis kenamaan Yo-Yo Ma bilang dia selalu mencoba untuk tidur siang sebelum konsernya. "Ini salah satu cara untuk menekan tombol reset, untuk me-restart kreativitas," katanya.


  Kopi miliki efek jangka panjang bagi kebiasaan tidur


   Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa minum kopi setelah makan malam akan menyebabkan susah tidur. Yang sebenarnya,  kekuatan kafein memiliki efek lebih lama bagi tubuh kita lebih dari yang kita pikirkan.

     Sebuah studi yang dilakukan oleh Wayne State University dan Rumah Sakit Henry Ford di Detroit tahun 2013 menyimpulkan bahwa ketika minum kopi bahkan enam jam sebelum tidur, maka waktu tidur akan berkurang selama satu jam. "Risiko penggunaan kafein dan kaitannya dengan gangguan tidur kerap diremehkan oleh banyak orang," kara para peneliti menyimpulkan. 




*    Tidur secara harfiah membersihkan otak


      Salah satu temuan terbaru adalah bahwa tidur pada dasarnya ibarat membawa kru pembersih yang bekerja semalaman untuk membersihkan limbah beracun yang terakumulasi di antara sel-sel otak pada siang hari.
     
      Maiken Nedergaard, salah satu direktur di Center for Translational Neuromedicine di University of Rochester, yang telah mempelajari mekanisme yang mendasari fungsi-fungsi ini menyebut tidur bak mesin cuci piring bagi tubuh dan otak. "Sama seperti kita yang tidak ingin makan dengan piring kotor, otak juga perlu tidur untuk melejitkan potensinya," katanya.


    Sumber : Cantik.tempo.com

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts